Minggu, 10 Januari 2010

Objek Wisata Papua Butuh Pengelolaan Profesional

www.tips-fb.com Share on Twitter

JAYAPURA - Potensi objek wisata alam yang dimiliki Provinsi Papua sangat menarik, namun perlu dikelola secara profesional sehingga bisa memberikan kontribusi bagi pendapatan asli daerah. Potensi alam di provinsi paling timur ini sangat menjanjikan masa depan yang cukup cerah bagi para investor yang akan menanamkan modalnya, kata praktisi industri pariwisata asal Belanda Mr Arne di Jayapura, Papua, Rabu (16/9). Menurut dia, Provinsi Papua antara lain memiliki sejumlah pantai alam yang masih asli dan sangat indah, sehingga bila dikelola secara baik, akan sangat menarik perhatian wisatawan, baik mancanegara maupun domestik untuk berkunjung ke daerah ini.

"Objek yang dimiliki Papua belum tentu dimiliki daerah lain yang berada di luar Papua, namun karena belum dikelola secara profesional sehingga kurang menarik wisatawan untuk datang berkunjung," katanya. Lebih lanjut ia mengatakan, kemajuan pembangunan dunia kepariwisataan di suatu daerah ada pada Dinas Pariwisata setempat, di mana instansi ini bisa mampu mengembangkan potensi- potensi yang ada itu sehingga bermanfaat bagi daerah dan masyarakat. "Saya yakin potensi alam yang dimiliki provinsi tertimur ini apabila dikelola secara baik dan profesional akan mampu bersaing dengan objek wisata alam yang ada di provinsi lain," katanya. Arne memberi contoh sejumlah pantai yang berada di Papua misalnya, Pantai Base G, Hamadi, dan Hooltekamp, yang berada di Kota Jayapura, yang tentu mempunyai panorama yang sangat indah, tetapi belum dikembangkan secara optimal. "Padahal, potensi alam tersebut sangat menjanjikan masa depan yang cerah bagi investor yang mau menginvestasikan modalnya di sana," katanya.

Ditambahkannya, untuk memajukan pembangunan sektor pariwisata di provinsi yang luasnya tiga kali Pulau Jawa ini, perlu adanya pemberian kemudahan bagi para investor, di samping pendekatan dengan penduduk asli Papua sebagai pemilik hal ulayat tanah. "Apabila investor yang akan menangani pembangunan pariwisata di Papua bisa diberi kemudahan dalam mengurus berbagai perizinan, serta pendekatan yang baik terhadap masyarakat asli, maka tidak menutup kemungkinan pembangunan kepariwisataan di daeah ini akan berkembang sesuai yang diharapkan," ujarnya.

Sumber : http://www.mediaindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar